BAITUL ARQAM MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA TAHUN AJARAN 2022/2023 Bismillahirrahmannirrahim. Assalamualaikum Wr. Wb. Sebelum memasuki Diary mengenai pengalaman saya selama mengikuti BAM (Baitul Arqam) yang diselenggarakan di Universitas Prof. Dr. Hamka berakreditasi Unggul. Izinkan saya, sebagai pemilik blog ini untuk memperkenalkan diri kepada teman-teman, kakak instruktur, para dosen, rektor, dekan Uhamka, serta para pembaca blog saya. Hallooo Hamka Muda! 👋 Perkenalkan nama saya Ramsida Nuriyah Zaldi. Sebenernya nama panggilanku ada banyak. Akan tetapi untuk teman-teman baru di kuliah, saya memutuskan untuk dipanggil dengan sebutan “Ria”. Saya tinggal di daerah Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Saya kuliah di Universitas Prof. Dr. Hamka dari Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES), Program Studi Gizi. Sebelumnya apakah kalian sudah tahu apa itu Kegiatan Baitul Arqam Mahasiswa Baru atau yang biasa disebut dengan “BAM”? Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka menyelenggarakan Baitul Arqam Mahasiswa Baru Tahun 2022 dengan tema Islam Berkemajuan untuk Indonesia Emas di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dua malam. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari akademik di Uhamka, karena itu wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Uhamka. Kegitan Baitul Arqam ini juga terbagi menjadi beberapa gelombang dan kelompok. Disini, kita dikumpulkan dari berbagai macam Fakultas dan Program Studi yang berbeda-beda. Dimana bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi serta persaudaraan antar sesama, jadi relasi kita untuk berteman tidak hanya satu Fakultas atau Sejurusan saja yaa. Nah, itu dia sedikit penjelasan mengenai Kegiatan Baitul Arqam. Selanjutnya, disini saya akan berbagi cerita pada teman-teman sekalian, yakni pengalaman saya selama mengikuti kegiatan Baitul Arqam Mahasiswa Baru Uhamka Tahun 2022. Yuk, disimak ceritanya yaa! Saya mendapat kesempatan menjadi peserta Baitul Arqam Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Tahun 2022 pada gelombang 8 dan bergabung menjadi anggota kelompok 9. Gelombang 8 dilaksanakan pada tanggal 12,13,14 September 2022. Sebelumnya, kami diberitahukan mengenai apa saja yang dibawa, apa saja yang tidak diperbolehkan selama kegiatan berlangsung, serta rundown kegiatannya pada zoom yang dilaksanakan tiga hari sebelum hari H. Selain hal itu, pada zoom tersebut juga kami diberitahukan mengenai tugas apa yang harus dikerjakan sebelum pelaksanaan BAM. Ketika semua persiapan sudah siap, dan tiba harinya untuk saya mengikuti kegiatan BAM. Di pagi hari, tepatnya pada hari Senin, tanggal 12 September 2022, pukul 04.15 saya bangun untuk solat subuh dan juga siap-siap. Oh iya, outfit hari pertama untuk perempuannya yaitu mengenakan baju muslim putih, kerudung hitam, serta rok bahan hitam (tidak span). Lalu pada pukul 05.30, saya berangkat dari rumah menuju Kampus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berada di Jl. Tanah Merdeka, Kp. Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur. Karena pada tata tertibnya kami sudah harus tiba disana pukul 06.30 dan selambat-lambatnya puku 07.00. Jarak rumahku kesana pun lumayan cukup jauh jadi daripada kesiangan takut macet jadi mending kepagian hehe. Day One Saya tiba dikampus FKIP pada pukul 06.20. Ketika sampai disana, terlihat sudah banyak yang datang. Tidak lama aku sampai, kami langsung disuruh oleh kaka panitia untuk berkumpul dan baris dilapangan. Akan tetapi belum langsung dimulai acaranya, kami masih menunggu sampai sekitar pukul 07.15, yang setelah itu baru disuruh naik ke gedung lantai atas, yaitu lantai 6 secara bergantian perkelompok. Kita berkumpul di aula. Acara dibuka melalui sambutan dari para rektor, dekan, dan yang lainnya yang berhubungan dengan Uhamka. Kakak MCnya juga seru-seru banget yaitu ada kak Zaman dan kak Rara. Sambil menunggu rektor UHAMKA datang, kakak panitia dan instruktur memperkenalkan dirinya masing-masing juga membahas apa itu muhammadiyah, serta sambutan dari beberapa petinggi ada Prof. Gunawan suryoputro selaku rektor UHAMKA selain itu kegiatan ini dihadiri oleh Buyamin selalu warek IV UHAMKA dan ada juga Muhib rosyidi selaku ketua lembaga pengkajian dan pengembangan Al Islam dan ke Muhammadiyahan (LPP AIK) UHAMKA dan segenap stakeholder UHAMKA. Setelah kegiatan di aula selesai kita menuju kelas masing-masing yang sudah dibagikan sesuai kelompok. Karena kelompok saya kelompok 9 maka kelas saya bertempat di lantai 2 Masjid Darul Ulum, lalu dikelas itu kita memulai dengan perkenalan diri satu persatu. Oh iya, kakak instruktur kelompokku bernama Kak Uswah. Dia baik banget orangnya, ramah dan mudah berbaur dengan kami, akan tetapi walaupun baik tidak menutupi bahwa kak uswah orangnya sangat tegas dan tertib. Kemudian dilanjutkan mengisi pre test dan berdiskusi tentang etika komunikasi dan busana kampus islami. sesudah mengisi pre test secara online, kemudian handphone dan dompet masing-masing dikumpulkan menjadi satu. Lalu kami bersiap untuk shalat dzuhur, sehabis itu kita makan siang bersama dikelas masing-masing. Tidak lama kemudian pelajaran dimulai, disini kita mempelajari materi yang sudah dipelajari sebelumnya dirumah namun, mengulangnya kembali agar lebih luas memahaminya. Materi pertama adalah Islam Berkemajuan untuk Indonesia Emas. Dosennya pun seru dan ramah serta menyampaikan materi secara baik sehingga dapat mudah dimengerti. Sehabis penyampaian materi selesai sambil menunggu adzan magrib berkumandang kita berbagi cerita yang membuat kita lebih dekat dan membuat orang sepertiku nyaman untuk berbicara, setelah shalat dan makan malam kita melanjutkan perbincangan yang sempat tertunda sampai adzan isya berkumandang dan menunggu pemateri yang akan membahas tentang ilmu amiah amal ilmiah. materi ini bahwasanya islam agama ilmu dan juga karakteristik gerakan ilmu amaliah amal ilmiah. Dan juga ada materi selanjutnya yaitu mengenal tokoh inspiratif KH. Ahmad Dahlan dan Buya Hamka yang dibawakan oleh kak Tuti Haryati. Tokoh inspiratif yang dibahas adalah KH. Ahmad Dahlan dan Prof. Dr. H. Hamka K.H. Ahmad Dahlan dikenal sebagai seorang yang mendirikan organisasi Muhammad, 'Aisyiyah dan hizbul wathon beliau mendirikan organisasi wanita yaitu 'Aisyiyah untuk mengangkat harkat dan martabat perempuan di Indonesia. Buya Hamka adalah salah satu ulama' yang membawa peradaban keindonesia, beliau bukan hanya sekedar ulama' tetapi sekaligus sebagai penulis, wartawan dan pengajar. beliau sekolah dasar selama dua tahun, dilanjutkan pembelajaran disekolah ayahnya, kemudian melakukan perjalanan untuk belajar dan memperluas wawasan. Setelah materi selesai, kita berdiskusi tentang apa yang telah dipelajari untuk mengulangi kembali apakah kita faham atau tidak dengan materi yang disampaikan?. the continue with pembagian kamar di rusunawa UHAMKA. Capee sekaliii!!! Kegiatan selesai sekitar pukul 11.00 malam, kami langsung ke asrama untuk tidur. Sebelum tidur kami semua mandi, dan yaaaaaa kamar mandinya penuh banget, ngatriii😭 Kami semua memutuskanuntuk mandi dimalam hari karena kami pikir pasti besok tidak akan keburu, karena bangun langsung shalat tahajjud. Setelah selesai bersih-bersih kami bersiap-siap untuk tidur. Satu kamar terdapat 7 orang. Kasur ada 3. Kami memutuskan untuk tidur bersama-sama diatas biar adil tidak ada yang tidur dibawah. Asli dihari pertama aku ga bis tidur sama sekali:( Selain tempatnya sempit dan susah bergerak, kamarnya juga dingin banget. Day two Di sepertiga malam saya dan teman-teman bangun dengan kondisi terkejut dan tak lama kemudian ada seorang panitia yang datang mengetuk pintu dan menyuruh kita menggunakan baju olahraga dan membawa peralatan shalat, langsung bergegas menuju masjid tidak lupa untuk mengambil wudhu. Di masjid ku lihat teman-teman dengan raut muka kusam karena mengantuk. Hahaa jujur akupun tidak tahu bagaimana kondisi wajahku pada saat itu, karena aku benar-benar tidak tahan sekali ngantuknya, beberapa kali ku pejamkan mata dan hampir tertidur pulas. Selanjutnya, shalat tahajud dilaksanakan dengan tertib. Shalat tahajjud dilaksanakan dengan total 10 rakaat beserta 2 rakaat shalat witir. Sehabis shalat tahajjud, sambil menunggu adzan subuh kakak panitia memanggil beberapa orang untuk membacakan kultum yang sebelumnya sudah diberitahukan pada semalam untuk kita mencari referensi kultum dengan tema bebas. Selanjutnya dilanjutkan shalat subuh berjamaah. Setelah selesai shalat subuh, kami diberikan waktu untuk istirahat, makan serta ganti baju jadi baju olahraga tetapi tidak mandi yaa. Lalu setelah itu kami berkumpul di lapangan untuk senam pagi bersama. Setelah selesai senam, selanjutnya kami ganti baju kembali. Dresscode hari ini adalah baju batik bebas dan untuk perempuan menggunakan rok bahan hitam serta kerudung kuning. Lalu kami kembali ke kelas untuk materi kembali. Sebelum lanjut materi diadakan sesi diskusi. Kami dibagi lagi menjadi dua kelompok, dan ditugaskan untuk membuat mindmapping dari materi yang telah ditentukan dan selanjutnya dipresentasikan masing-masing kelompok. Setelah itu dilanjutkan praktik wudhu, shalat dan membaca Al-Quran. Selepas kegiatan selesai semua kelompok menuju masjid darul ulum lantai satu bertujuan untuk mendengarkan materi tentang Ibadah sesuai Al-Quran dan As-Sunnah. Ibadah terbagi menjadi 2 yaitu : ~ Ibadah mahdah yang berarti semuanya dilarang kecuali perintah ~ Ibadah ghairu mahdah yang berarti apa saja boleh kecuali yang dilarang Dilanjutkan dengan ishoma, kemudian kita ke materi selanjutnya yaitu "Prophetic Teaching University" beliau menjelaskan tentang berapa pentingnya adab dimanapun kapanpun kepada siapapun kita menerapkannya, adab bahkan lebih penting dari pada ilmu. Seusia materi selesai kita menuju kelas masing-masing dan mendiskusikan tentang materi ibadah sesuai tuntutan Rasulullah SAW dan prophetic teaching university yang setelah itu kita ishoma dilanjutkan dengan diskusi pleno, kita melakukan diskusi antar kelompok tentang kelima materi yang sudah disampaikan sebelumnya. Sesudah ishoma dilanjutkan dengan post test peserta secara online .kemudian pensi yang menghibur peserta, panitia dan instruktur. Malam harinya sehabis shalat isya, acara selanjutnya yaitu menampilkan pensi dari kelompok masing-masing. Kelompokku kedapatan pensi dengan tema pantonim. Aku ikut turut serta untuk menampilkan pensi tersebut.Sungguh malu sekaliii rasanya dilihat orang banyak. Masalahnya ini pantonim guyss bukan yang lainnya, jadi malu banget😭 Seperti malam terakhir pada umumnya setelah pensi usai kakak instruktur mempersembahkan sebuah lagu "Sampai Jumpa" dari Endank Soekamti. Aku dan teman-teman sampai meneteskan air mata karna sedih dan terharu. Sedih karna kebersamaan ini akan berakhir, ya walaupun masih bias berhubungan akan tetapi pasti tidak sesering dan sedekat sekarang, pasti nanti akan susah mencari waktu untuk bertemu karna akan sibuk akan tugas kuliahnya masing-masing. Day three Di sepertiga malam terakhir kita bersama dengan langsung memakai dresscode yang telah ditentukan yaitu baju batik bebas dan untuk perempuannya menggunakan rok bahan hitam serta kerudung maroon. Kita membawa peralatan shalat dan berjalan bersama menuju masjid untuk kali terakhir, kita melaksanakan shalat tahajud sebelum shalat kita tadarus Al-Quran bersama yang dilantunkan oleh peserta laki-laki yang sangat tartil bacaannya, dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah dan juga penutupan di aula. Penutupan sekaligus pembacaan ikrar mahasiswa, dokumentasi serta mengumumkan siapa kelompok dan peserta terbaik. Sayang sekali kelompokku tidak menjadi kelompok terbaik, namun tidak jadi masalah karena bagike kelompok 9 tetap yang terbaik. Aku harap semoga nanti walaupun kita sudah jarang bertemu karena kesibukan masing-masing, namun kita masih tetap berhubungan yaa, jangan sampai lupa!! Terima kasih kakak instruktur, panitia, serta teman-teman atas kerjasamanya selama tiga hari dua malam ini. Sekian Diary Selama Kegiatan BAM Saya, Terima Kasih Telah Membaca dan Mampir ke Blog Saya😊💖 Ramsida Nuriyah Zaldi: SUMPAH PEMUDA DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA

Senin, 19 Maret 2018

SUMPAH PEMUDA DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA


SUMPAH PEMUDA DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA

          Perubahan di berbagai belahan dunia banyak dipelopori oleh pemuda. Negara Kesatuan Republik Indonesia lahir karena adanya sikap dan komitmen pemuda untuk berbangsa satu dan bertanah air satu, Indonesia. Komitmen untuk berdirinya bangsa dan tanah air Indonesia dibacakan para pemuda dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda menjadi sangat penting dalam sejarah bangsa Indonesiakarena telah menjadi penegas arah perjuangan bangsa Indonesia. Pemuda Indonesia memiliki perannya yang sangat penting dalam mencapai kemerdekaan, kita sebagai generasi penerus sudah seajarnya dan wajib untuk meneruskan perjuangan para pemuda, dalam mempertahankan kemerdekaan. Kali ini, kita akan mempelajari dan membangun komitmen terhadap Sumpah Pemuda.
Sumpah pemuda merupakan intisari dari isi putusan kerapatan pemuda-pemudi Indonesia atau yang dikenal dengan Kongres Pemuda I dan Kongres Pemuda II. Melalui hasil kongres itulah kita bisa mengetahui makna dari satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, yakni Indonesia yang kemudian dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 yang merupakan hasil rumusan dari Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Kongres Pemuda I diadakan di Jakarta, pada tanggal 30 April-2 Mei 1926. Di kongres itu, mereka membicarakan mengenai pentingnya persatuan bangsa bagi perjuangan menuju kemerdekaan. Pada tanggal 27-28 Oktober 1928, para pemuda-pemuda Indonesia kembali mengadakan Kongres, yakni Kongres Pemuda II. Pada Kongres Pemuda II tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928 itulah diambil keputusan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa, yakni Indonesia. Itulah sebabnya walaupun dalam putusan tersebut tidak ada kata yang sudah diikrarkan dan sumpah pemuda, tetapi karena isi dari keputusan itu mengandung makna sumpah maka peristiwa tersebut sampai sekarang terkenal dengan Sumpah Pemuda dan diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda.
            Sumpah Pemuda merupakan babak baru bagi perjuangan bangsa Indonesia kaena perjuangannya yang bersifat lokal kedaerahan berubah menjadi perjuangan yang bersifat  nasional. Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan hanya mendorong para pemuda untuk meraih kemerdekaan, tetapi juga meyakini dan juga memperjelas bangsa Indonesia sebagai sebuah Negara. Sumpah Pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus ada didalam hati para pemuda. Kemudian, para pemuda membuat komitmen untuk senasib sebagai satu bangsa, satu tanah air yang pertama-tama ditandai dengan disepakatinya bahasa Indonesia.
            Organisasi kepemudaan di Indonesia yang tidak berlatar belakang suku dan kedaerahan adalah Perhimpunan Indonesia. Perhimpunan Indonesia paling semangat mengumandangkan persatuan bangsa Indonesia di Belanda. Perhimpunan Indonesia beranggotakan para pemuda dari berbagai organisasi pemuda dan adanya keinginan pemuda untuk bersatu, para pemuda menghimpunkan dirinya dalam Kongres Pemuda.
Contoh organisasi pemuda yang bergerak untuk mewujudkan cita-cita Indonesia merdeka adalah Budi Utomo. Pada tahun 1908, bangsa Indonesia mulai bangkit. Berdirinya Budi Utomo mendorong bermunculannya organisasi pemuda, sebagai berikut:
1.    Trikoro Dharmo (TK)
2.    Jong Sumatranen Bond
3.    Jong Ambon, Jong Minahasa, Jong Cilebes

Kongres Pemuda II, atau dikenal sebagai Kongres Pemuda 28 Oktober 1928, dilaksanakan dalam tiga sesi dan di tiga tempat berbeda oleh penggagasnya, organisasi Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pelajar dari seluruh wilayah Indonesia. Kongres tersebut dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan, yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong Cilebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon dan lainnya serta pengamat dari pemuda Tionghoa seprti Kwee Thiam Hong, John Lauw Tjoan Hok, Oey Kay Siang, dan Tjoi Dijen Kwie. Rapat pertama, Sabtu 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB) Waterlooplien dulu Lapangan Banteng. Rapat kedua yang dilaksanakan pada Minggu 28 Oktober 1928, di Gedung Ost-Java Bioscoop, yaitu membahas masalah pendidikan.
 Dalam peristiwa yang bersejarah tersebut, diperdengarkanlah lagu kebangsaan Indonesia untuk yang pertama kali yang diciptakan oleh W.R. Soepratman, yakni Lagu Indonesia Raya. Lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 pada media cetak surat kabar Sin Po dengan mencantumkan teks yang menegaskan bahwa lagu itu adalah lagu kebangsan. Lagu itu sempat dilarang untuk perdengarkan  oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda, tetapi karena semangat kemerdekaan para pemuda terus menyanyikannya.
 Bagi bangsa Indonesia Sumpah Pemuda memiliki nilai yang tinggi yakni sebagai faktor penting persatuan dan kesatuan Indonesia dalam upaya mencapai kemerdekaan. Sumpah Pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus ada dalam hati para pemuda. Hasil dari keputusan Kongres Pemuda II yang kemudian dikenal dengan istilah Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah yang penting bagi berdirinya bangsa Indonesia. Nilai dan semangat lainnya dari Sumpah Pemuda bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Pemuda-Pemudi Indonesia telah menyatakan satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa yakni Indonesia. Pernyataan tersebut merupakan bentuk tekad dan semangat perjuangan rakyat untuk merdeka atau bebas dari kekuasaan kaum penjajah pada saat itu. Kondisi rakyat-rakyat yang tertindas itulah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad bersatu demi mengangkat harkat dan martabat hidup rakyat Indonesia. Tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945 hingga sampai saat ini.
 Semangat Sumpah Pemuda mencapai puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945 ketika Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaat Indonesia. Sejak saat itu, Indonesia yang terdiri atas berbagai etnis, agama, dan golongan menjadi bangsa yang merdeka dan bersatu. Kemerdekaannya memberikan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Walau kini bangsa Indonesia sudah merdeka, tetapi semangat meraih kemerdekaan dan juga semangat Sumpah Pemuda harus tetap ada didalam diri masing-masing, demi menjaga kemerdekaan bangsa. Dan begitu juga  persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dapat hancur apabila bangsa Indonesia tidak lagi memiliki semangat bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu, yaitu Indonesia.

Nilai dan semangat Sumpah Pemuda dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika adalah kemampuan para pemuda menyatukan berbagai perbedaan dlam memperjuangkan satu tujuan yakni kemerdekaan bangsa Indonesia. Contoh penerapan nilai dan semangat Sumpah Pemuda dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, antara lain:
1.    Pemuda dan seluruh rakyat Indonesia dari semua golongan harus bersatu dalam berjuang demi kemajuan bangsa Indonesia.
2.    Pemuda dan seluruh rakyat Indonesia harus mejadikan keberagaman adat dan budaya bukan sebagai perbedaan tetapi sebagai ptensi untuk kemajuan bersama.
3.    Pemuda dan seluruh rakyat Indonesia menjadikan Pancasila yang didalamnya mengandung persatuan Indonesia sebagai dasar Neagara dan tidak pernah berkehendak untuk merubahnya.
4.    Bangga menjadi bangsa Indonesia yang telah dibuktikan dengan ikut serta dalam mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan dengan susah payah dengan kegiatan yang positif.
5.    Pemuda dan seluruh rakyat Indonesia harus mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara maupun kepentingan golongan daripada kepentingan pribadi.
6.    Pemuda dan seluruh rakyat Indonesia harus meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama, minimal diawali dari diri kita sendiri untuk belajar peduli pada sikap dan perilaku kita pada orang tua, saudara dan lingkungan sekitar.

Beragamnya latar belakang peserta Kongres Pemuda menunjukkan bahwa pemuda sudah dapat bersatu dan bergerak untuk mempersatukan bangsa Indonesia. Hal ini seperti dinyatakan dan digelorakan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Isi teks Sumpah Pemuda memiliki peranan yang sangat penting. Melalui Sumpah Pemuda, sikap tanah air, bangsa dan bahasa dapat diwujudkan untuk bersatunya bangsa Indonesia. Dengan bersifat kedaerahan, tetapi sifatnya sudah nasional hingga akhirnya kemerdekaan dapat dicapai. Dari sejarah Sumpah Pemuda ini, dapat kita ambil nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan membuktikan bahwa ternyata berbagai perbedaan dapat disatukan. Walaupun Sumpah Pemuda terjadi di zaman dahulu, tetapi ada nilai-nilai luhur yang masih bisa kita terima dan kita amalkan.nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut:
a.    Cinta Bangsa dan Tanah Air
b.    Persatuan
c.    Sikap Rela Berkorban
d.    Mengutamakan Kepentingan Bangsa
e.    Dapat Menerima dan Menghargai Perbedaan
f.     Semangat Persaudaraan
g.    Meningkatkan Semangat Gotong Royong atau Kerja Sama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUMPAH PEMUDA DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA

SUMPAH PEMUDA DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA           Perubahan di berbagai belahan dunia banyak dipelopori oleh pemuda. Negara...